Tips Menemukan Konten Tiktok Yang Bagus dan Terkait Dengan Akun Bisnis

Bagaimana cara menemukan konten tiktok yang bagus dan terkait dengan akun bisnis kita?
Tiktok Pesulap Merah

Dalam hal ini masmeduk.my.id - Akan kupas dan ulas cara menemukan konten tiktok yang bagus serta bisa terkait dengan akun bisnis di Tiktok.

Secara umum, orang memakai tiktok hanya untuk sekedar iseng, hobi, melepas lelah dan juga hanya buat hiburan semata. Tanpa kita sadari bahwa, aplikasi tiktok yang selama ini terutama pengguna tiktok khususnya Indonesia adalah pengguna terbanyak, maka tak heran bila mereka yang faham dengan tiktok ini bisa sampai menghasilkan ratusan juta, lewat tiktok nya.

Namun alangkah baiknya sebelum kamu terjun di dunia bisnis tiktok tersebut, perhatikan dulu langkah awal agar video mendapatkan banyak view juga follower setia.

Caranya sangat mudah
1. Cari Kata Kunci
Cari kata kunci yang terkait dengan produk, merek serta layanan yang diberikan oleh bisnis kamu. Misalnya mencari Bisnis atau UKM akan mengarahkan kamu ke video bisnis yang menunjukkan layanan mereka. Ini adalah tips termudah untuk menemukan bisnis yang serupa dengan bisnis yang akan kamu jalani.

2. Ikuti konten terkait dengan akun bisnis kamu
Ikuti konten yang terkait dengan akun bisnis kamu serta memiliki jumlah pengikut yang banyak dan tingkat interaksi yang tinggi. Lalu, algoritma kami akan memilih akun dan konten yang relevan dengan minat kamu serta mengarahkan konten yang terkait lainnya ke halaman untuk kami (For You Page) dan temukan (Discover Page).

Jika kamu sudah konsisten pada bisnis atau usaha yang bakal kamu geluti, maka sesekali jangan upload video di akun tiktok yang tidak relevant dengan bisnis mu, sebab algoritma tiktok pastinya akan berubah, dan penonton dalam video mu otomatis akan berantakan atau loss target.

3. Temukan konten terkait yang sedang tren di halaman Temukan (Discover Page)
Temukan konten terkait yang sedang tren di halaman.
Temukan yang menampilkan beragam kategori mulai dari musik, tagar, hari raya, tantangan menari, cerita, budaya, atau yang lagi viral saat ini yaitu pesulap merah marchel Radival vs Samsudin Jadab, Kasus Barada J di Rumah dinas Ferdy Sambo dan masih banyak lagi.

4. Tonton video yang sedang tren dari sesama pelaku industri
Tonton video yang sedang tren dari sesama pelaku industri yang muncul di halaman untuk kamu (For You Page) setelah menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya. 

Cari inspirasi dari video populer ini, lalu cari profil dari merek yang serupa dengan milik kamu untuk mencari tahu konten lain yang populer. Kami menghargai hak kekayaan intelektual dan meminta kamu untuk menghargainya juga dengan tidak menggunakan karya berhak cipta (misal musik, video, dll.) secara langsung dari video pengguna lainnya tanpa izin.

Kamu hanya cukup memahami video branding yang sedang tren untuk bisa kamu amati, tiru lalu modifikasi sesuai dengan gayamu serta keahlian kamu.

5. Jelajahi efek & filter yang sedang tren
Jelajahi efek & filter yang sedang tren yang kamu lihat pada video di halaman untuk kamu (For You Page). 

Klik filter di pojok kiri bawah untuk melihat video serupa dan menemukan cerita, ide kreatif, dan alur tidak terduga yang mungkin cocok dengan produk atau layanan.

Pada filter layanan di Tiktok kamu bebas meng apresiasi dirimu dengan filter tersebut, guna untuk menarik perhatian para penonton.

6.  Cari Pusat Kreatif Bisnis
Cari Pusat Kreatif Bisnis untuk mengetahui praktik terbaik lainnya. Ini merupakan halaman koleksi video yang direkomendasikan untuk semua akun bisnis.

Strategi konten yang bermanfaat - praktik terbaik mendasar untuk semua video:

a. Video vertikal 9:16 & video berkualitas HD.
TikTok dirancang untuk video vertikal. Sebagian besar konten pengguna direkam dengan ponsel dan aplikasi TikTok - format apa pun selain vertikal hasilnya akan terlihat aneh di aplikasi. Pemirsa TikTok lebih menyukai rekaman yang jelas dan berkualitas HD.

b. Durasi video
Meskipun durasi videonya bisa 5-60 detik, sebaiknya durasi video Anda 12-15 detik karena durasi ini yang optimal jika kita mempertimbangkan rentang perhatian pengguna rata-rata. 

Namun, jika kontennya lebih baik dengan durasi yang lebih panjang dan dapat membuat pengguna tetap terpikat saat menontonnya, tak perlu batasi durasi video. Sepanjang apa pun durasi videonya tidak masalah asalkan video menarik untuk ditonton.

c. Berikan konteks dengan subtitel
Tambahkan subtitel di bawah konten untuk memberikan konteks kepada pemirsa agar mereka mengetahui apa yang mereka tonton, atau mengarahkan mereka untuk melakukan sesuatu. 
Kamu dapat berbicara tentang bisnis yang kamu miliki, menandai kreator, atau memberikan informasi tambahan terkait produk.

d. Suara
Perlu diingat bahwa semua video TikTok otomatis diputar dengan suara. Hasilkan audio berkualitas tinggi agar dapat melengkapi kualitas visual dari video TikTok kamu. Selama transisi, kamu dapat menyelaraskan video dengan tempo musik atau alur yang tidak terduga dengan sulih suara.

Satu cara bagus untuk menciptakan konten orisinal adalah menambahkan sulih suara yang autentik. Saat memilih sulih suara dan musik orisinal, pastikan audio ini sesuai dengan identitas merek dan/atau produk atau layanan.

Agar dapat menampilkan produk dan merek kamu dengan lebih baik, cukup tambahkan sulih suara ke video untuk memperkenalkan produk atau layanan.

Jika ingin menambahkan musik latar belakang ke dalam video, harap pastikan kamu sudah mendapatkan lisensi yang diperlukan dari pemegang hak cipta musik. Kamu juga dapat memilih musik dari halaman Perpustakaan Musik Komersial di TikTok.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url