Tips Mendapatkan Uang Lewat Video YouTube Short Yang Baru Dirilis 2021

How to make Money Video YouTube Short

Sudah mulai ada titik terang nih Sebentar lagi kita bisa dapat duit dari Youtube tanpa di monetisasi. Seperti yang sudah saya bilang Sebelumnya saya sampaikan di artikel yang ini sekarang sudah ada info.

Saat ini sedang ramai-ramainya orang membahas soal YouTube dan siapa pun bisa memperoleh kesempatan ini.

YouTube rupanya memang saat ini sangat serius sama produk baru yaitu YouTube shorts, saat mereka sedang mengulasnya bahkan akan membawa kepada content Creator yang membuat video pendek tersebut tidak usah kecewa karena tanpa harus ikut program partner alias dimonetisasi kamu sudah bisa mendapatkan uang.

YouTube Shorts adalah cara bagi siapa saja agar terhubung dengan penonton baru hanya dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi YouTube. Alat pembuat video Shorts dari YouTube memudahkan Anda membuat video berdurasi singkat dengan durasi hingga 60 detik dengan kamera multi-segmen

Cara memulai pembuatan video shorts bisa cek langsung disini https://support.google.com/youtube/answer/10059070?hl=id

Dari sini saya akan kasih tau caranya gimana? Apa syaratnya dan bisa dapat duit berapa?

Uang ini mereka namakan space atau Bahasa Indonesia itu dana Search YouTube. Pihak YouTube saat ini menyediakan dana sebesar 100 juta dolar atau sekitar 1,4 Triliun Rupiah yang akan diberikan kepada kreator video di YouTube yang memenuhi syarat untuk periode tahun 2021.

Kisaran sampai berapa yang akan diberikan ke youtuber itu antara 100 dolar sampai 10000 dolar lumayan ya yang view itu kata mereka akan disesuaikan dengan persentase penonton melihat video shorts setiap bulannya dan lokasi. 

Siapa yang dapat menerima bonus ini perhatikan ya

1. Creator yang video shortnya original
Jadi dikatakan original itu, video tidak mengambil dari partner yang lain atau reuplod milik orang lain, apalagi video yang di upload ada watermark seperti tok dan yang lainnya.

Pastikan video kamu unik, menarik yang bisa mendatangkan penonton tanpa harus pusing mikirin 4000 jam tayang dan 1000 subcriber.

2. Performa video saat bulan sebelumnya 
Maksudnya yang akan dinilai adalah performa video short bulan sebelumnya tidak perduli video short yang kalian buat itu khusus atau campur dengan yang video biasa.

3. Perhitungan tiap bulannya total view dan performa dari seluruh video shorts, jadi bukan yang di posting di bulan itu saja. 
Penilaian tiap bulan ini Sifatnya tetap Kalau bulan kemarin bagus yang dapat bonusnya Kalau kemarin nggak ya besok nggak akan dapat bonusnya semua tergantung performa video di tonton saat kita upload dalam periode 1 bulan terakhir.

4.Sekarang yang paling penting adalah Syarat apa saja biar kita memenuhi untuk dapat bonus ini
seperti yang saya sebutkan pada poin satu, video harus original nomor dua sudah upload video shorts dalam kurun waktu 180 hari terakhir.
Jadi selama 180 hari kebelakang, kamu sudah pernah upload video short tinggal channel-nya harus mematuhi pedoman komunitas YouTube aturan hak cipta dan kebijakan monetisasi.

Hal ini yang tadi saya bilang nggak boleh ada Watermark atau logo dari platform media sosial lain Tik Tok misalnya atau kalau nggak diambil dari film atau acara TV atau dari konten kreator lain. Jelas  itu tidak memenuhi syarat nggak boleh ikutan atau nggak dapet bonusnya karena nggak original.
5. Creator harus berada di negara yang sudah ditetapkan oleh pihak YouTube

Berikut ini negara yang bisa berpartner di video shorts kali ini ada :

Brazil, Jepang, India, Meksiko, Rusia, Afrika Selatan, Inggris, Amerika, Nigeria, dan Indonesia.

Bersyukur sekali Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar yang boleh menjadi partner dalam video short kali ini. Menjadi bonus dari dana saat ini walaupun nanti akan ketahuan negaranya tapi kita sudah mendapatkan poin plus saat pertama kali video kita sudah bisa mendapatkan kesempatan.

Yang menjadi masalah saat ini adalah terkait dengan umur. Jadi creator yang umurnya antara 13 sampai 18 tahun tidak bisa mengikuti program partner video short, tetapi kamu bisa menggunakan akun adsense atas nama orang tua atau saudara yang lebih tua supaya kamu dapat penghasilan dari video short.

Nah kalau tadi syaratnya, sekarang prosedur nya kalau kita mau mendapatkan uang lewat video short, nantinya kamu bakal dapat notifikasi lewat email antara tanggal 8 sampai 10 tiap bulannya.

Langkah selanjutnya adalah kita klaim bonus di email tersebut kalau sampai tanggal 25 nggak kita klaim bonus nya maka akan kedaluwarsa alias hangus ya.

Pastikan saat kamu sudah memulai membuat video short, dan jumlah view nya lumayan, bulan berikutnya kamu bisa cek notifikasi lewat email yang sudah kamu daftarkan di program partner video short.

kita akan diminta mendaftar ke ling adsense yang sudah ada atau jika kamu belum memiliki akun adsense, kamu bisa bikin baru di mana nanti akan diberitahu cara daftarnya dan proses aprove dan Linknya butuh waktu beberapa hari. 

kalau udah selesai nanti akan ada pemberitahuan selanjutnya nanti tinggal tunggu cair aja ke rekening kita itu antara tanggal 21 sampai 26 di bulan berikutnya.

Untuk pendaftaran adsense yang baru biasanya proses ini bisa berbulan-bulan ya dari mulai verifikasi PIN, KTP sampai rekening. Tapi jangan khawatir uang kamu akan tersimpan di adsense sampai semua syarat yang terpenuhi.

Simulasinya tuh gini misalnya bulan Agustus performa video kita memenuhi syarat maka akan dapat  email notifikasi sekitar Tanggal 8 sampai 10 September. kita bisa cek maksimal tanggal 25 September Kalau ada yang sudah aman kita bisa menerima bonus di rekening kita sebulan setelah klaim. jadi tanggal 21 sampai 26 bulan Oktober proses akan berulang tiap bulan ada rolling Bonus kita klaim. 

Gajian apa enggak ada notif artinya ya nggak gajian. Oleh karena itu dana saat ini baru langkah awal untuk kita bisa mendapatkan uang melalui video.

Kedepannya saya yakin YouTube akan punya rencana misalnya mungkin ada modifikasi khusus atau semacamnya buat teman-teman yang udah pusing dengan video Reguler yang tidak kunjung mendapatkan 1000 sub dan 4000 jam tayang.

Tidak ada salahnya nyoba bikin channel khusus untuk video short kamu yang original, siapa tahu ini juga akan bisa menambah uang jajan saat video short banyak view nya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url