10 Cek list SEO yang harus diperhatikan - masmesuk.my.id
10 Cek list SEO yang harus diperhatikan, check..!!
Pernak-pernik dalam membangun sebuah blog yang bisa jadi aset jangka panjang, memang tidak sedikit. Namun jika kita terbiasa melakukannya, akan terasa ringan.
Saya coba share beberapa hal, yang biasanya menjadi fokus perhatian saya dalam mengelola blog. Semoga bermanfaat ya.
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu :
1. Google Analytic and GSC is a must
Untuk awal sekali, ini adalah dua hal yang harus dimiliki saat menjalankan sebuah blog. Bahkan harus kita setting sesaat setelah blog baru dibuat. Langsung daftar ya..
Google analytic dan Google Search Console adalah 2 tools webmaster yang akan memberikan informasi holistik perihal performa blog kita.
Banyak informasi dan metrik yang bisa kita baca dan pelajari untuk selalu membenahi kinerja blog dari waktu ke waktu.
Harapannya semua rencana postingan dan proses blogging akan lebih rapi dan terarah. Karena dikerjakan berdasarkan data empiris blog yang realtime dan valid.
2. Make every single page linked!
Setelah mulai produksi konten, perhatikanlah hal ini: Setiap halaman pada sebuah blog harus mempunyai link.
Ini akan memudahkan google bot menemukan konten kita.
Jika satu halaman tidak memiliki 1 link pun, dari dan ke halaman lainnya, maka akan ditandai sebagai 'orphaned page'. Ini tidak bagus.
Semakin banyak link yang masuk, semakin tinggi level authority dan potensi ranking nya untuk naik akan semakin tinggi.
3. Optimize your image
Saat mulai membuat konten, jangan pernah upload image pada blog tanpa melakukan 3 hal ini:
- Memberi nama yang mengandung keyword yang dipisahkan dengan tanda strip (-).
- Isi alt text dengan kata kunci. Namun gunakan frasa yang lebih definitif. Panjang dikit gak masalah.
- Gunakan image Geotagging. Ini fungsinya sangat bagus untuk optimasi lokal SEO.
4. Speed Up Your Page!
Google sangat konsen dengan page speed. Bahkan page speed jadi rank factor yang sangat penting dalam algoritma perangkingan Google.
Level Bounch Rate yang tinggi selalu berkorelasi linear dengan page speed yang payah.
Karena kita tahu, user tidak suka dengan web yang lemot. Pun begitu dengan Google.
Periksa semua elemen yang bikin web kita jadi 'Lola' alias Loading Lama. Pastikan juga web kita sudah 'mobile friendly'. Themes nya responsive, simple dan ringan.
Ingat, kita jualan konten. Bukan jualan tampilan blog. Jangan korbankan load speed demi tampilan, yang bagus nya relative bagi sebagian orang saja.
Kalo Web kamu lemot? Maka yuk dadah, yuk babay. Kelar blog mu..
5. Try to Match User Search intent
Search intent adalah maksud pencarian yang dilakukan user pada mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.
Konsep memahami search intent adalah berusaha membaca maksud pencarian yang diinginkan user. Lalu berusaha menyediakan konten yang epik, sehingga memuluskan kita memanen trafik.
Ada 3 kategori search intent yang dikenal blogger: navigational, informational, dan transactional.
Pahami beda ketiga nya. And Win the competition! Soon..
6. Differentiate your content
Gunakan variasi konten yang berbeda pada tiap postingan blog. Baik dari segi content type, content format maupun content angle (benefitnya).
Agar user tidak bosen dan mendapatkan variasi manfaat yang berlainan setiap saat.
Jika webmu tentang jualan, maka product review tidak harus selalu jadi jenis artikel yang paling sering dibuat.
Differentiate your content, or your blog traffic will die.
Rencanakan keywordnya dengan riset yang baik. Susun rencana konten, minimal untuk setiap 5 konten kedepan. Harapannya untuk meminimalisir konten berulang (duplicate content).
Buatlah dengan setulus hati. Jangan asal-asalan. Hasilnya akan beda. Let's see..
7. Update out of date content
Seringkali konten lama yang kita buat, tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini.
Solusi paling mudah adalah 'ngupdate' konten tersebut dengan info tambahan terbaru.
Hasilnya, biasanya ranking dan trafik nya akan lebih baik. Mendapatkan link, sosial share dan prospek yang lebih banyak.
Lakukan analisa pada search console. Perhatikan konten lama yang mengalami penurunan trafik. Mungkin saatnya untuk dipoles ulang agar kembali memanen trafik.
8. Level up your content readability
Apapun tema blog kita, tujuan utama nya adalah menyediakan konten yang enak dinikmati user untuk dibaca berlama-lama.
Konten yang legit, salah satu indikator nya adalah memiliki level readability yang baik. Alias enak dibaca.
Tips: Gunakan kalimat efektif. Singkat dan jelas. Sajikan maksimal 3 s.d 4 kalimat saja dalam satu paragraf. Pisahkan dengan subheading yang mengandung keyword turunan.
Kalo blog mu pake wordpress, gunakan plugin pembantu: Yoast atau All In One Pack SEO. Perhatikan indikator readability nya. Minimal di level 'Good' atau 'Ok'.
9. Navigate google bot with sitemap
Sitemap berfungsi memberi tahu robot Google, mana halaman yang harus dan jangan di index.
Jika blog memiliki sitemap yang baik, maka pekerjaan 'mamang obot' akan lebih mudah.
Sitemap biasanya berisi sekumpulan list URL yang merujuk pada konten utama blog kita. Dan memastikan semua URL tersebut teramban dan terindex oleh Google.
10. Meta Description is 10" decision maker
Banyak yang mengabaikan pembuatan meta description yang baik. Karena Google memang tidak lagi memasukan nya ke dalam rank factor yang menentukan peringkat blog.
Namun, banyak yang tidak sadar, bahwa 10 detik keputusan user untuk mengklik hasil pencarian, ditentukan oleh meta deskripsi yang menarik.
Meta deskripsi yang natural, informatif dan 'clickable' bisa meningkatkan CTR blog pada halaman pencarian. Meski blog kita tidak jadi peringkat 1 di halaman pencarian tersebut.