11 Tips Membangun Channel Youtube Agar Cepat Sukses

Ada Beberapa Tips Menarik Yang Harus Anda Ketahui Agar YouTube Berkembang

Cara agar channel YouTube Sukses

Masmesuk.my.id - Melihat keluh kesah teman-teman ronda malam di komunitas Facebook curhat tentang bagaimana cara agar channel YouTube bisa berkembang dengan pesat?

Rata-rata saat saya melihat postingan seperti diatas, saya pernah merasakan juga pahit getirnya bagaimana membangun channel YouTube mulai nol sampai berkembang, jadi hal ini saya akan uraikan pengalaman pribadi saya, semoga anda semangat membaca dan mempelajari dengan sebaiknya.

Menurut saya, secara teori bagaimana membangun channel YouTube agar bisa berkembang sangatlah mudah, akan tetapi akan jauh berbeda saat kita benar-benar sudah terjun dan mempraktekkan, sehingga kadang harapan tidak sesuai dengan keinginan.

Saya berusaha membantu kawan-kawan yang mengalami hal sama saat membangun channel YouTube, keluh kesah ini saya uraikan saat membaca postingan di Facebook.
Curhat Youtube di Facebook
Nah tips yang harus benar-benar anda lakukan sebelum membuat channel YouTube agar bisa berkembang :

1. Tentukan Target Tujuan
Ini saya bilang sangatlah penting buat anda yang pengen sukses bangun channel YouTube. Sebab kita gak hanya mengejar pada Adsense saja, malainkan lebih dari itu.

Saya khawatir kepada teman-teman yang melulu mengejar Adsense, dan melihat channel lain yang pada berkembang dan menghasilkan, ternyata saat kita terjun tidak menentukan target yang benar. Hasilnya pasti tidak memuaskan.

Pastikan tujuan dan target jelas, misal tujuan membuat channel adalah untuk sarana edukasi, review produk.

Dari cara kita menemukan skill tentang edukasi tersebut, akan banyak endorse yang berdatangan saat anda menyampaikan dengan penuh semangat, tidak ber tele-tele, yang pada intinya uang itu akan berdatangan melebihi dari penghasilan Adsense.

Dalam konteks yang sama di bulan lalu, saya juga pernah membahas bagaimana cara menjadi youtuber Sukses untuk pemula, yang bisa dipelajari, rata-rata mereka yang mempelajari ini sekitar satu bulan channel YouTube Sukses luar biasa.

Dari hal diatas saya gak jago bagaimana? Gampang, anda bisa belajar cara yang benar misalnya mereaksi video orang lain, buatlah video sebaik mungkin lebih dari video aslinya. Sebagai contoh kita lihat videonya Vandepokan 99 Santri Gendeng kita bisa belajar dari situ, bagaimana mengemas video menjadi lebih menarik berbeda dengan yang aslinya.

Tentunya masih banyak lagi yang bisa anda cari agar saat membangun channel YouTube anda bisa berkembang dengan baik.

2. Menyiapkan bahan
Menyiapkan bahan disini yang saya bahas adalah, ketika target tujuan jelas, saatnya menyiapkan bahan apa saja yang akan anda sampaikan kepada penonton.

Misal : 
Menyiapkan alat : tidak usah membeli alat-alat Youtube yang mahal agar kelihatan wah, tapi pastikan konten Anda nanti bagus berkualitas, masalah alat bisa anda beli saat channel berkembang dan menghasilkan

Menyiapkan scrip: jadi hari ini mau membahas tentang topik apa, biar matang tulis scriptnya poin-poin yang akan dibahas, itu mempermudah anda menyampaikan ke publik, tidak menyita waktu, tenaga, fikiran.

3. Buat Jadwal/Schedule
Buatkan jadwal khusus untuk konten YouTube kamu, fungsinya untuk apa? Agar nanti para subscriber tahu kapan anda upload video, sehingga subscriber akan tambah sayang pada channel YouTube anda


Usahakan kalau anda mampu membuat video bagus seminggu 7 kali upload, jika tidak mampu ambil yang paling mudah seminggu upload satu kali dengan kualitas video dan isi bagus. Intinya Konsisten dan sabar.

4. Membuat Judul Video
Buat judul video yang mengandung kata kunci yang relevan dengan video anda. Misalnya Cara menjadi youtuber Sukses 2021.

Agar kata kunci Youtube relevan, anda bisa melihat di tool yang bisa membantu anda menentukan pencarian yang lebih tinggi Dimata pencarian YouTube, dengan menggunakan Google Trends, Keyword Toolio, Tubebuddy, VidIQ dan masih banyak lagi.

5. Membuat Deskripsi Video
Deskripsi yang baik adalah deskripsi yang masih memiliki kaitan erat dengan judul yang mengandung kata kunci.

Buat deskripsi dari penjabaran judul video anda minimal buat 300 kata, agar Youtube mudah merekomendasikan video kamu.

6. Buat Tag
Tag sangatlah penting dan berperan sebagai bantuan pencarian kata kunci orang saat mencari video apalagi ketika channel kamu masih kecil, agar bisa bersaing dengan Chanel yang sudah besar dan mapan.

Buat Tag yang berkaitan dengan judul video dan deskripsi. Jangan sampai tag menyesatkan yang akan berakibat fatal Kedepannya terhadap video anda.

7. Thumbnail
Thumbnail disini juga berperan penting untuk menarik penonton agar klik video anda.

Thumbnail yang bagus juga harus memiliki kesesuaian dengan judul video, dan tidak boleh membuat thumbnail dengan cara menyesatkan dan clickbait.

8. Deskripsi/tentang
Tulis deskripsi secara umum di channel anda membahas tentang apa, karena algoritma Youtube akan menilai dan merangking video anda dari deskripsi/tentang itu tadi

9. Buat video 10 menit
Semakin panjang video maka akan semakin bagus kualitas dan sebagainya..

Membuat video dengan durasi minimal 10 menit akan berpengaruh pada algoritma Youtube yang nantinya juga akan berpengaruh di penghasilan Adsense anda.

10. Share di Medsos
Saat anda membangun channel ada baiknya sebelum di monetisasi bisa share video terbaik Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram agar orang tahu dan mau berkunjung di Youtube anda, syukur-syukur mereka subscriber juga.

11. Berdoa
Ketika semua ikhtiar dan usaha sudah anda lakukan dari poin diatas Mulai dari satu sampai sepuluh tersebut, jangan lupa berdoa agar channel kamu cepat sukses, sebab tanpa Nya kita tidak akan mampu.

Oke sekian sharing kita tentang 11 tips membangun channel YouTube agar cepat sukses, semoga bermanfaat.

Sharing kali ini berdasarkan pengalaman pribadi membangun channel YouTube mulai dari nol sampai menghasilkan uang.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url