Sebab Channel Tidak Disetujui Monetisasi, Begini Solusinya

Pengajuan Monetisasi ditolak YouTube

Kenapa Pengajuan Monetisasi ditolak oleh pihak Youtube? Ini Penyebabnya

1. Warna dolar $ tidak kelihatan disebabkan berbagai macam dikarenakan :
  • Belum memenuhi syarat untuk monetisasi artinya jumlah jam tayang atau watch time kurang dari 4000 dan jumlah subcribe belum memenuhi syarat yaitu 1000
  • Memang belum dikaitkan dengan Channel Adsense kalian ya guys
  • Sudah memenuhi syarat 1000 sub dan 4000 jam tayang tapi masih dalam peninjauan/belum di upprove , ciri-cirinya adalah :
  • a. Ada logo dolar $ tapi simbul huruf $ di coret alias tidak disetujui karena melanggar hak cipta dan tidak sesuai dengan pedoman YouTube.
  • b. Dolar $ warna hijau artinya video sudah di upprove oleh YouTube, dan bisa ditampilkan iklan, jika iklan tidak muncul di video YouTube kalian jangan khawatir, dan jangan di utak atik lagi, sebab suka-suka pengiklan mau ditayangkan atau tidak meskipun kita sudah pasang, jadi sabar saja sebab tidak akan berpengaruh pada penghasilan kalian.
  • c. Dolar $ warna hijau tetapi gambarnya dibelah dua, itu artinya penghasilan kalian dibagi dua dengan yang lain. Biasanya ini terjadi karena kalian mengkompilasi lagu cover meskipun lirik lagu kalian yang menyanyikan sendiri karena berhak cipta, ada juga siaran live music atau karaoke sehingga dolar kalian dibelah dua, bagi hasil dengan pemilik konten.
  • d. Dolar $ warna kuning emas, meskipun video kalian sudah dimonetisasi, itu karena deteksi Youtube saat kita live misalnya, tetapi jangan khawatir ini bisa kita ajukan kembali ke YouTube untuk ditinjau ulang, karena pihak YouTube memakai sistem filter tetapi juga bisa salah, tetapi kalau video live kalian, kalian anggap aman dan ramah penonton bisa kita ajukan untuk ditinjau atau diajukan secara manual, pengajuan manual ini biasanya gak pake lama dari pihak Youtube langsung di jawab, menurut pengalaman dari pengajuan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja.
Ternyata kendala pengajuan konten Youtube sering ditolak atau bahkan ditangguhkan lama penyebabnya adalah sebagai berikut :
  1. Jangan memakai bahasa yang tidak sopan baik di awal judul, thumbnail bahkan di gambarnya, konten yang berulang dengan kata yang penuh dengan kebencian dan penghinaan, apalagi pemakaian bahasa yang tidak sopan pas ketika diawal judul bahaya sekali, sebab retensi penonton membludak dan tidak sesuai, perhatikan saat kalian buat judul pastikan judul yang baik, memikat, tidak menjerumuskan penonton, dan minimal penonton melihat 5 menit diawal ini akan sangat bagus, jangan sesekali membuat video dengan suara yang di sensor atau gambar di blur sebab Youtube akan mendeteksi ada yang tidak baik di video kalian, akibatnya dolar kalian akan berwarna kuning.
  2. Jangan membuat video tentang kekerasan baik video penganiayaan manusia, hewan, tumbuhan atau bahkan video prank dengan anak kecil sebagai adegan settingan kekerasan, bisa kebayang ya jika video tentang perburuan binatang saja kena pelanggaran , apalagi video kekerasan kepada manusia meskipun hanya settingan. Kemudian video tentang kotoran, warna darah, inilah sebabnya channel kalian tidak akan keluar iklan atau digantung peninjauan dari Youtube
Dari sinilah kenapa video kalian yang berbau kekerasan, demonstrasi, atau penembakan, kekerasan yang dilakukan polisi dll akan sulit dimonetisasi. Oke faham ya apa yang saya maksudnya kan ... Kalau video kalian ada yang sesuai pemaparan saya diatas, sebaiknya hapus saja dan buat konten yang lebih ramah penonton juga original, hasilnya akan jauh lebih memuaskan.

  1. Konten dewasa atau berbau porno pasti ditolak oleh Adsense
Jangan sekali kali upload video kalian tentang telanjang atau yang lainya, bahkan upload video binatang yang lagi kawin, hehe beneran nih kawan, upload video hewan kawin saja gak boleh apalagi manusia, ya memang sih di isi otak +62 kalau lihat video yang gituan view akan membludak dan rame ya.. tapi sayang video gak bakal ditayangin iklan, kebayang gak kawan bahwa kita upload video lagi pencet-pencet jerawat saja gak boleh, lalu video kuku yang lagi cantengen hehe kejam ya Youtube sekarang. Ya bagaimanapun kita harus ikuti peraturannya karena YouTube sendiri ingin videonya yang alami, natural dan ramah pengiklan.

Oya kemarin pernah ada yang komen ternyata konten moto vlog juga tidak bisa dipasang iklan alias dolar berwarna kuning karena merupakan tindakan berisiko dan berbahaya.
  • Konten yang menghasut dan merendahkan 
  • Konten tentang narkoba Kalau konten kalian masih berkaitan dengan kata narkoba maka lupakan Adsense lah pasti bakal gak disetujui. Konten yang misalnya memaparkan tentang rokok, tembakau, cerutu kunyah bahkan yang lagi marak sekarang Vape, rokok electrical atau adegan keluar asap dari mulut itu gak boleh ini akan sangat berisiko ditolak oleh Youtube.
  • Konten sensitif Yang lagi marak sekarang tentang seputar politik yang membahas masalah cebong kampret itu juga tidak akan di monetisasi.
  • Konten keluarga yang fulgar Contohnya kemarin lihat video menyusui anaknya tapi dengan tampilan fulgar, oleh Youtube kemarin itu videonya gak hanya dimonetisasi tetapi dihapus langsung oleh pihak Youtube.
Jangan membuat konten kartun yang diparodikan tetapi mencakup konten dewasa itu juga tidak boleh.

Yang terakhir guys kenapa Pengajuan secara umum YouTube paling lama, karena ada 2 hal guys :

  • Full Antrian
Karena dari pihak Youtube kewalahan dengan pengajuan Monetisasi di seluruh dunia, memang pada dasarnya mereka melihat dan mengoreksi video kalian secara manual, salah satu cara hanya kalian sabar saja sambil nunggu dimonetisasi. Sabar ya
  • Tidak ramah iklan
Nah kemungkinan di video-video kalian sebelumnya ada pelanggaran yang mencakup konten yang berhak cipta sehingga membuat dolar kamu kuning , solusinya adalah segera hapus videomu yang melanggar atau edit video kamu dengan picture blur.

Mungkin hanya sedikit itu ya temen-temen sharing kita hari ini, semoga bermanfaat dan semoga yang masih nunggu si upprove sama Youtube segera dimonetisasi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url