Era Baru ini YouTube Akan Menenggelamkan Konten yang Memiliki Kualitas Rendah

Makin lama makin ngeri juga

SEO YouTube


Ada berita menggembirakan juga ada berita yang sangat nyesek banget berkaitan dengan perkembangan YouTube yang akan dirilis tahun ini. Mau tau ? Jangan beranjak dulu baca poin-poinnya sampai tuntas, semoga para YouTuber faham bener dengan kebijakan YouTube terbaru ini

Di era  baru ini SEO youtube Jangka panjang Youtube akan menenggelamkan konten-konten yang memiliki kualitas rendah atau tidak ada mutu yang baik hal ini dapat di deteksi secara dini melalui impressi dan watchtime dari algoritma YouTube itu sendiri, kabayangkan?

Nah kalau era jaman dulu itu Youtube masih terfokus pada metrik views dan watchtime, dan improve yang dilakukan beberapa bulan belakangan, Youtube baru-baru ini menambahkan metrik baru Yaitu Impression dan CTR pada video.

Jadi titik crusial persaingan video di Youtube tidak hanya terletak pada Impressi, CTR dan Watchtime saja, akan tetapi juga merambah pada view dan thumbnail.

Kesimpulannya adalah :
  1. Pada Impressi ini YouTube lebih berhubungan dengan penggunaan metadata untuk bidikan keywords yang ditarget
  2. CTR lebih mengacu pada penggunaan thumbnails dan judul yang lebih menarik sehingga penonton lebih menikmati sajian yang disodorkan oleh para YouTuber.
  3. Dan Watchtime menentukan kualitas dari video itu sendiri ,
Nah tentunya temen-temen bisa raba sendiri nih gimana kualitas dari konten yang kita buat kira-kira bagus gak atau asal upload saja tanpa mempelajari dulu algoritma dari YouTube itu sendiri.

Nah dibawah ini saya kasihkan contoh gambarnya :

Algoritma YouTube

Apabila kesemua aspek dari metrik diatas memiliki score yang bagus, maka dipastikan secara otomatis video kamu akan mampu bertahan dari persaingan atau kompetitor kamu. Sedangkan jika score tersebut terus menurun, dapat dikatakan video kami akan mulai menurun dari recommend atau peredaran di Youtube dan lenyap. Nyesek banget ya. Maka dari itu sebelum upload pahami dengan benar mekanisme dari YouTube agar kamu tidak kecewa pada akhirnya.

Nah pertanyaan bagusnya begini Bagaimana cara kerja metrik ini? Bisa saya simpulkan Secara umum ketika kita meng-upload sebuah video, secara otomatis sistem akan membantu video tersebut untuk dilakukannya promosi yang sebagian besar melalui browser fitur, atau bisa lebih sering dari homepage.

Jika antara konten , judul, deskripsi , tag, thumbnail ada korelasi/berhubungan Tentunya munculnya video tersebut pada homepage atau fitur youtube lainnya ditentukan dengan bidikan metadata serta metatags pada video yang saling berkesinambungan.

Kemudian tahap selanjutnya adalah perhitungan score untuk CTR, untuk recommend dari youtube itu sendiri CTR yang bagus antara 2%-10%. Coba kamu cek langsung di YouTube di user kamu, Ketika melihat video kamu melalui fitur youtube, namun user tersebut tidak mengklik video berarti anda hanya mendapatkan impressi bukan CTR. Dan jika impressi tinggi tapi ctr dibawah 1%,, maka dapat dipastikan video kamu akan tenggelam. Itulah sebabnya Thumbnails dan Judul yang menarik sangat berpotensi besar untuk mendapatkan CTR.

Tahap terakhir adalah Watchtime atau rata2 waktu user nonton video.. ini akan menentukan kualitas video anda. Tentunya semakin tinggi rata2 watchtime maka akan semakin bagus untuk video. Kualitas dari video atau konten kita bisa kita cek durasinya minimal 2 menit saja view yang nonton, apalagi jika view kamu suka lama-lama nonton akan jadi pelanggan setia kamu, karena apa? Karena kualitas video kamu memberikan manfaat.

Jelas ya ? So Kesimpulannya: Penggunaan metadata pada video dimaksudkan untuk membidik pasar atau niche yang ditentukkan dan tentunya mempengaruhi rate atau nilai CPM dari iklan. Untuk Thumbnails dan Judul, lebih terfokus untuk mendapatkan pandangan pertama yang lebih menarik, agar CTR video bisa ditingkatkan. Dan yang terakhir Watchtime video menentukan dari kualitas video itu sendiri

  1. Semoga uraian ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu baru bagi para YouTuber tentunya yang masih new be kayak saya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url